Makanan Khas Makassar – Indonesia yang memiliki beragam kelompok etnis dan budaya, yang juga menjadikan Indonesia memiliki banyak makanan dari masing-masing daerah. Termasuk di Makassar, ada banyak makanan yang berasal dari Makassar yang mungkin tidak pernah Anda ketahui. Jika Anda datang untuk mengunjungi Makassar, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang berasal dari Makassar, berikut ini adalah liputan makanan khas dari Makassar ini.

Makanan Istimewa Makassar yang Wajib Dicoba
Makanan Istimewa Makassar yang Wajib Dicoba

Makanan Istimewa Makassar yang Wajib Dicoba

1. Coto Makassar

Makanan yang berasal dari Makassar yang kaya akan rempah-rempah sangat populer di seluruh pelosok nusantara bahkan di semua negara asing. Bagi orang yang datang ke kota Makassar tidak akan lengkap rasanya untuknya jika Anda tidak mencicipi makanan coto Makassar ini.

Makanan yang berasal dari Makassar yang kaya akan rempah-rempah sangat populer di Indonesia. Bagi orang yang datang ke Makassar, tentu saja sudah mencicipi makanan Coto Makassar ini.

2. Sop Saudara

Makanan dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sup Anda terbuat dari daging sapi, bihun dan kentang goreng dalam bentuk bola-bola kecil, dan paru-paru sapi goreng, dan disajikan dengan nasi putih, ikan bakar dan telur rebus sebagai lauk. Tambahan lain sebagai pelengkap menu adalah saus kacang dan irisan mentimun.

3. Konro

Konro adalah makanan tradisional yang berasal dari Makassar yang terbuat dari daging sapi atau iga sapi. Daging sapi direbus dengan kayu manis, air asam dan bahan-bahan lainnya. Konro juga dimasak dalam bentuk sup yang memiliki rempah-rempah.

Konro adalah makanan yang berasal dari Makassar yang memiliki bahan dasar daging sapi atau iga sapi yang direbus bersama bahan-bahan lain seperti kayu manis, air asam dan berbagai bahan lainnya.

4. Barangko

Barangko adalah makanan penutup yang juga berasal dari daerah Bugis Makassar, yang memiliki bentuk kue pisang yang sangat lembut dan halus, dan pisang yang telah dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti telur, gula, garam, dan susu bubuk, kemudian dibungkus dengan pisang Daun-daun.

Barangko adalah makanan penutup yang berasal dari daerah Bugis Makassar dalam bentuk kue pisang yang sangat lembut dan halus. Dan pisang adalah bahan baku utama dengan proses semacam itu.

5. Pisang Epe

Banana Epe adalah makanan yang juga berasal dari Makassar dan juga berasal dari pisang pisang yang biasanya sering digunakan, pisang setengah matang. Makanan dari Kota Makassar terbuat dari pisang. Pisang yang dibuat adalah pisang kepok setengah matang. Sistem pembuatannya sangat mudah dengan bahan yang mudah ditemukan.

6. Es Palu Butung

Es palu butung yang merupakan campuran es dengan gaya khas yang berasal dari Kota Makassar adalah makanan penutup. Bahan dasar pembuatan es ini adalah dari pisang hijau yang kemudian dipotong dan ditempatkan di atas seperti bubur putih yang terbuat dari santan dan ditambahkan dengan es serut dan susu kental.

Butung Ice Palu adalah minuman pencuci mulut yang membuat selera pembeli menjadi lebih berkualitas dan yang terpenting minuman ini juga mengandung banyak kalsium termasuk yang terbuat dari bahan pisang hijau.

7. Gogoso

Gogoso adalah makanan khas Bugis Makassar, Sulawesi Selatan. Yang biasanya dimakan saat lebaran.

Gogoso adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Makassar orang Bugis yang sangat populer di Sulawesi Selatan selama Idul Fitri, selain Idul Fitri Ketupat. Gogoso dan juga dimeriahkan bersama berbagai hidangan lainnya pada hari kerja.

8. Pallu Basa

Pallu basa adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sajiannya hampir sama dengan Coto Makassar. Namun ada beberapa perbedaan dari bahan yang digunakan. Base pall ini menggunakan bahan dasar daging sapi dan jeroanya.

9. Mie Titi

Mie Titi, yang termasuk makanan yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang biasanya disajikan pada malam hari. mengandung rasa yang sangat enak dan lezat, dan juga menggunakan berbagai variasi daging dan makanan laut serta bumbu sayuran lainnya.

Mie Titi adalah salah satu hidangan khas Kota Makassar yang umumnya disajikan pada malam hari. selain itu rasa gurih dan lezat yang menggetarkan lidah setiap orang yang mencicipinya dengan kombinasi daging sapi dan sayuran bumbu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *