Makanan Khas Jambi – Siapa yang tidak mengenal kota Jambi, sebuah daerah yang dijuluki “MUTIARA TERSEMBUNYI DI JANTUNG SUMATRA” adalah nama ibu kota provinsi dari kota Jambi, yang terletak di Sumatra dan memiliki luas sekitar 205,38 km² dengan populasi 750.857 jiwa. Bagi Anda yang pernah ke Kota Jambi atau anak-anak luar negeri dari Jambi, Anda pasti akan mengalami keunikan pariwisata, terutama dalam hal kuliner.

Makanan khas kota Jambi terkenal dengan rasanya yang lezat, dan yang pasti selalu membuat Anda merindukan keramahan kota ini. Sekarang makanan apa itu? Anda pasti penasaran, ok, langsung saja. Berikut daftar dan penjelasannya.

Makanan Khas Jambi
Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi

1. Tempoyak

Ya buah ini umumnya digunakan sebagai es durian segar atau digunakan sebagai pancake yang sangat lezat seperti yang ditemukan di Medan. Namun, di Kota Jambi buah durian diolah menjadi lauk yang bisa dimakan dengan nasi putih.

Ya, Tempoyak adalah hidangan khas kota jambi yang terbuat dari buah durian yang difermentasi, biasanya dicampur dengan ikan segar dari Sungai Batanghari. Namun, tempoyak juga bisa disajikan tanpa ikan. Rasa tempoyak sedikit asam dan aroma duri cukup kental sehingga kadang-kadang orang makan ketika mereka menutup hidung.

2. Kue Srikaya Beraroma Khas Pandan

Salah satu kue legendaris Jambi adalah kue srikaya yang memiliki aroma khas dan warna hijau lumut. Kue ini terbuat dari campuran tape dan santan, pewarnaannya menggunakan daun pandan. Tidak heran kue ini memiliki aroma yang harum dan membangkitkan selera Anda.

Wow, sepertinya ada benjolan, lalu di mana buah pahlawan? Sobat, kamu pasti bingung karena dari bahan yang aku sebutkan tadi kamu bahkan tidak menyebut buah srikaya. Ternyata nama srikaya hanya sebatas nama, sama seperti selai srikaya yang hanya menggunakan nama. Meski begitu, kue ini masih terasa gurih dan enak, ditambah aromanya yang khas siap memberikan kenikmatan tersendiri bagi penonton, Anda harus mencoba kue srikaya ini ketika Anda singgah di kota Jambi.

3. Gulai Tepek Ikan

Tempoyak dan Kue Srikaya sangat mudah ditemukan di Kota Jambi tetapi berbeda dari makanan khas Jambi yang sakral ini. Mengapa kari kue ikan ini begitu sakral? pasti teman yang penasaran, nampaknya karena makanan ini hanya bisa didapatkan pada saat-saat sakral seperti halnya pada acara pernikahan, pesta dan acara tradisional lainnya.

Kari Ikan Kari Bahan utama adalah ikan gabus yang kaya akan protein dan nutrisi. Sepintas tampilan gulai kari ikan hampir sama dengan gulai ikan lainnya, namun tetap saja makanan ini memiliki citarasa yang sangat khas dan berbeda. Sobat, kamu malah makin penasaran?, Langsung saja ke kota Jambi, pasti kamu bisa mencicipi makanan sakral ini.

4. Dodol Nanas

Nanas adalah komoditas unggulan dari Provinsi Jambi. Bahkan di suatu daerah di Jambi telah menjadi pusat perkebunan nanas yang cukup besar. Karena nanas adalah buah yang mudah didapat saat berada di Jambi, di situlah masyarakat Jambi berinisiatif membuat makanan khusus dari nanas.

Berkat ide masyarakat lahirlah nanas dodol yang merupakan camilan manis dan cocok untuk disajikan kapan saja. Jika Anda ingin mencicipi makanan ini, Anda dapat mengunjungi pusat perkebunan nanas yang berlokasi di Tangkit, Kabupaten Muarojambi. Di sana sobat bisa langsung melihat perkebunan nanas yang cukup besar dan melihat berbagai persiapan nanas, salah satunya adalah nanas dodol.

5. Dodol Kentang Kerinci

Pernahkah Anda mendengar tentang Gunung Kerinci? Jika itu tidak berarti Anda belum menjadi ahli di bidang geografi, Anda jangan bercanda. Oke, izinkan saya menjelaskan bahwa Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatra, yang terletak di Jambi. Di kaki Gunung Kerinci ada perkebunan kentang yang sangat besar dan berkualitas baik.

Mirip dengan nanas dodol, dodol dari kentang juga lahir karena gagasan orang yang tinggal di daerah Gunung Kerinci karena mereka ingin menggunakan kentang agar lebih unik. Tetapi sebelumnya, teman saya, saya tidak pernah berpikir bahwa ada dodol yang terbuat dari kentang, jika ada, itu hanya beberapa persen, kan?

Perbedaan antara dodol kentang dan dodol nanas hanya dari varian rasa, jika nanas dodol hanya memiliki rasa asli nanas itu sendiri, sedangkan dodol kentang memiliki berbagai rasa, mulai dari gula merah, durian, stroberi, dan juga nanas. Bagaimana Anda penasaran untuk mencicipinya?, Yang tentunya rasanya sangat enak dan sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan relasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *