Makanan Khas Jawa Barat – Nah, teman, sekarang kita akan membahas beberapa makanan di Provinsi Jawa Barat. Anda tentu tahu tentang Jawa Barat, Jawa Barat adalah salah satu kota yang telah menjadi pusat kuliner di Indonesia. Di Jawa Barat ada banyak makanan khusus yang akan mengguncang lidah penonton.

Jika Anda pergi berlibur ke Jawa Barat, jangan lupa menikmati makanan spesial dari Jawa Barat. Apa makanan khas dari Jawa Barat? Berikut ini penjelasannya.

Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat

1. Nasi Lengko

Mengenai nasi Lengko, nasi Lengko adalah campuran beras olahan yang dicampur dengan salah satu sayuran dan gorengan. seperti tahu goreng dan tempe, dan lokio, mentimun, dan tauge. Dengan tambahan taburan saus kacang yang memiliki rasa yang sangat bagus, dan yang pastinya akan mengguncang lidah penonton. Bagi pecinta makanan pedas, jangan salah sangka nasi Lengko juga bisa dipadukan dengan campuran cabai yang akan memberi rasa pedas. Selain itu lebih baik bila ditambahkan taburan daun goreng. Belum lagi kehadiran sayur lengko akan lebih enak.

2. Tapai Ketan

Kami melanjutkan ke Tapai Keten, Tapai Ketan diproses dengan fermentasi. Tapai Ketan ini berasal dari Kuningan. Bahan dasar pembuatan Tapi ketan ini menggunakan ketan dengan menggunakan ketan putih dan hitam, apa pun nasi itu pasti rasanya sama dan akan membuat Anda ketagihan. Nasi ketan olahan biasanya akan diwarnai menggunakan daun katuk untuk memiliki warna hijau alami dan membuat penampilan yang menarik. Sedangkan bungkusnya sering menggunakan daun pisang dan daun jambu biji, tetapi sering pembuat Tapai Ketann menggunakan daun pisang.

3. Tahu Kuningan

Sesuai dengan sebagian besar tahu yang biasa kita santap untuk camilan, makanan khas Jawa Barat dan sesuai namanya kuningan tahu ini berasal dari Kuningan juga Tahu Kuningan ini akan lebih enak dan akan terasa enak jika dipadukan dengan cabai bahkan bisa cabai saus.

Anda tentu sudah tahu apa itu tahu, tahu yang dibuat dari pengolahan kedelai dengan fermentasi, tetapi apa yang membuatnya berbeda dari tahu Kuningan adalah bahwa tahu kuningan adalah rasa yang kuat dan enak yang akan membuat rasa dari rasa kuncup menari.

4. Mie Kocok

Nama mie kocok mungkin tidak setenar mie ayam dan mie lainnya. Namun popularitas Shake Noodle ini tidak diragukan lagi rasanya, dengan bahan dasar mie yang dicampur dengan telur akan menambah sensasi rasa yang berbeda. Dalam Mie Kocookk ini dalam satu porsi dapat diisi dengan Mie, Mustard, Telur dan lainnya. Semakin banyak penggemar sekarang Shake Noodle telah diinovasi dengan penambahan bakso dan daging yang membuatnya mirip dengan mie ayam atau mie bakso, hanya sup dan telur tambahan yang membedakannya.

Dalam porsi khusus Shake Noodle, kaya akan kandungan gizi, selain ada sayuran di mana sayuran memiliki banyak nutrisi, kebutuhan protein juga diperoleh dari daging. Masakan Jawa Barat ini pantas untuk dicicipi karena rasanya yang enak dan enak, dan biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidak terlalu mahal.

5. Nasi Jamblang Daun Jati

Mengenai nasi jamblang, sebenarnya olahan ini hanya nasi biasa di mana lauk ditambahkan, penyajiannya menggunakan daun jati. Namun ada cerita di balik kelahiran kuliner dari kota Cirebon. yang dimulai ketika Belanda memerintahkan pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan.

Saat itu zaman kolonial Belanda penduduk desa Jamblang membuat nasi yang dibungkus daun jati. Sebelumnya hidangan nasi jamblang hanya tempe dan sayuran, tetapi sekarang pengetahuan meningkat, beras Jamblang diinovasi dan sekarang ada banyak sekitar 40 lauk untuk dipilih. Dalam satu porsi nasi jamblang menggunakan sedikit nasi dan akan ditumpuk dengan berbagai lauk. Yang membuat sensasi berbeda adalah penambahan daun jati ke bungkusnya sehingga dapat menciptakan aroma dan rasa khas untuk nasi.

6. Lepet Kuningan

Nama lepet sudah terkenal di wilayah Jawa, karena makanan ini biasanya disajikan saat Idul Fitri dan Idul Adha. Salah satu lepes adalah lepes kuningan dengan warna agak kecoklatan, berbeda dengan lepes lain yang warnanya agak kekuningan. Seperti Lepet pada umumnya, Brass Lepet dibuat dengan nasi ketan putih yang dibungkus daun kelapa. Pembungkusnya akan diikat sehingga nasi ketan yang ada di dalamnya tidak berserakan. Lepet kuningan ini biasanya diisi dengan kacang dan sebelum itu ketan akan dituangi kelapa parut. Untuk Brass Lepet rasanya mirip dengan Lepet pada umumnya, yaitu dengan rasa yang gurih, seperti halnya Lepet lainnya.

7. Makaroni Panggang

Makaroni di Indonesia adalah makanan yang cocok untuk refleksi dalam keadaan apa pun, Makaroni di kepulauan memiliki banyak orang yang tahu bahkan tidak hanya di Jawa Barat tetapi di Jawa-Jawa ada juga nama yang disebut Makaroni, tetapi berbeda dari makanan asli Kota Bogor, karena di Bogor makaroni disajikan dengan cara dipanggang. Dalam makaroni panggang, ukuran makaroni lebih panjang dibandingkan dengan makaroni lainnya. Selain itu, kuliner ini dibuat berbeda dari makaroni lainnya karena disajikan dengan taburan keju untuk menambah rasa ke makaroni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *