Makanan Khas Jawa Tengah – Makanan spesial begitu menggoda untuk dinikmati ketika kita mengunjungi suatu daerah. Kurang bahagia ketika Anda tiba di suatu tempat tetapi jangan mencoba makanan khas di sana. Apa yang akan dikatakan dunia, saya datang ke tempat yang jauh tetapi tidak pernah mencicipi makanan di sana.

Nah, kali ini tempat yang ingin kita kunjungi adalah di Jawa Tengah. Biarkan Anda tahu makanan apa yang ada di sana, mari kita lihat beberapa makanan khas di Jawa Tengah. Jika Anda sudah tahu, coba nanti ketika Anda datang ke sana. Berbicara tentang Jawa Tengah, bukan hanya Semarang. Jawa Tengah memiliki banyak makanan khas, lho, mari kita lihat makanan khas di sana.

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah

1. Lumpia Semarang

Siapa yang tidak tahu apa makanan Semarang? Hampir setiap orang, ketika ditanya, pasti memiliki lumpia. Lumpia lebih baik saat dimakan saat masih hangat lho. Apalagi jika makanannya diberi percikan saus atau cabai merah, yummy, pastinya akan lebih menggoda. Lumpia memiliki berbagai konten, beberapa menggunakan ayam, telur, sayuran dan udang juga. Jika Anda mengunjungi Semarang. Jangan lupa coba yang ini.

2. Tahu Petis

Jika Anda memiliki lumpia sekarang, makanan diolah dari tahu, yaitu tahu petis. Makanan ini asli dari Semarang. Biasanya tahu pasta ini digunakan untuk camilan atau kalau mau nasi pakai makanan ini bisa juga lho. Pasta tahu adalah bahan tahu saja, tahu goreng tepatnya. Dinamakan pasta tahu karena tahu goreng ada percikan saus hitam yang disebut petis. Nah, pasta ini dibuat dari sup ikan atau udang yang dimasak terus menerus hingga menjadi kental.

3. Telur Asin

Telur asin ini adalah telur asin. Makanan yang berasal dari telur bebek terkenal di daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakan dengan nasi, tetapi ada juga yang dimakan langsung jadi jangan gunakan nasi.

4. Tempe Mendoan

Makanan ini sangat terkenal di daerah Banyumas dan Purwokerto. Hampir di daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini. Bahkan di beberapa warung di Jawa Tengah, kebanyakan dari mereka menjual mendoan tempe goreng. Sampai sekarang orang Banyumas dan Purwokerto menyebut tempe yang digoreng dengan tepung tetapi sampai renyah disebut juga mendoan.

5. Enting-Enting Gepuk

Apakah Anda tahu makanan yang diiklankan di TV yang namanya tinggi atau tidak? Sekarang, mungkin itu adalah bentuk piring-piring modern. Bagi saya, saya memilih es. Enting-enting adalah khas wilayah Salatiga, Jawa Tengah. Bahan intinya adalah kacang tanah kemudian dipadatkan. Tetapi sebelum itu, itu dicampur dengan gula Jawa sebelumnya, sehingga mereka bisa menjadi satu (yaitu Indonesia).

6. Nasi Gandul

Jika Anda pergi ke Pati, jangan lupa mencicipi nasi tandus. Cara menyajikan nasi tandus ini adalah dengan menggunakan daun pisang. Berbeda kan? Rasa nasi lebih gurih dibanding nasi lainnya. Beberapa bahkan menambahkan daun pandan saat memasak nasi tandus ini, sehingga aromanya lebih lezat dan secara alami membangkitkan nafsu makan kita.

Nasi mandul ini adalah yang terbaik saat Anda memakannya langsung di kota Pati. Dengan saus segar plus lauk dalam bentuk olahan daging sapi tentu akan menjadi pelengkap yang membuat nasi tandus semakin lezat.

7. Nasi Liwet

Tempat lain adalah namanya, kalau dulu nasi tandus, sekarang itu nasi tiwel. Makanan dari beras ini berasal dari kota Solo, bedanya sama dengan beras mandul, mungkin sajian dan bahan pelengkap. Nasi liwet disajikan dengan potongan ayam dan kadang-kadang menggunakan labu siam juga. Memasak nasi liwet hampir sama dengan membuat nasi biasa. Pertama memasak nasi dengan santan dari kelapa tua sehingga ada rasa gurih. Jika Anda ke Solo, tidak ada salahnya mencoba makanan yang satu ini.

8. Rondo Royal

Untuk yang satu ini, namanya agak eksentrik, rodo royal. Saya tidak tahu apa artinya itu, mengapa itu diberi nama Rondo Royal, meskipun itu berarti seorang janda. Makanan ini berasal dari daerah Jepara, bahannya adalah tape singkong. Oalaaah, pita gorengnya ternyata, hahaha, ini pita gorengnya.

Jadi rekaman itu dimasukkan ke dalam campuran tepung dan kemudian digoreng, jadi itu royal rondo. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ini, dari jauh ke Jawa Tengah, Anda bisa membuatnya sendiri. Jika Anda tidak membelinya di toko makanan goreng, siapa tahu.

9. Soto Kudus

Makanan yang satu ini tentu saja soto Kudus, yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Perbedaan antara soto Kudus dan soto lainnya adalah penyajiannya menggunakan mangkuk kecil. Selain itu, ada banyak versi Soto Suci (soto suci), beberapa menggunakan daging kerbau atau daging ayam. Nah, jika Anda ingin tahu seperti apa rasanya makan daging kerbau, datang saja ke Kudus. Dan cobalah Soto Kudus, yang menggunakan daging kerbau, rasakan sensasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *