Makanan Khas Papua – Makanan khas di Pulau Papua, mungkin menurut Anda kurang berkesan. Tapi saya akan menyajikan tentang Makanan Unik Papua-Assalamu’alaikum, apa kabar teman-teman blogger semoga baik (Aamiin). Pada kesempatan ini, saya akan menyajikan beberapa informasi terkait kuliner di Indonesia, tepatnya di Pulau Papua. Makanan khas Papua, untuk menarik perhatian semua teman.

Makanan Khas Papua
Makanan Khas Papua

Makanan Khas Papua

1. Kue Lontar

Lontar-hati Pulau Lontar-Papua juga memiliki makanan khusus yang lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanannya adalah kue palem. Jangan heran jika itu terlihat seperti pai susu atau cheesetar yang sedang populer sekarang. Papua membuat kue palem pertama dan rasanya enak di lidah.

2. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar tentu tidak lagi mengejutkan di telinga kita, karena rasa dan aroma khas membuat semua orang ingin mencicipinya. Ikan Bakar Manokwari yang berasal dari Papua sangat enak dan super pedas. Makanan ini sangat cocok untuk teman yang pecinta pedas.

3. Sate Ulat Sagu

Hidangan makanan ini mungkin terdengar sangat ekstrim dan menggelikan bagi masyarakat Indonesia. Ulat yang selama ini dianggap binatang menjijikkan atau bahkan menakutkan bagi sebagian orang. Oleh masyarakat Papua, ulat ini dibuat sebagai hidangan makanan berbentuk sate dan makanan ini dianggap paling enak dan kaya nutrisi dan protein sehingga bisa menyehatkan tubuh.

4. Ikan Bungkus

Orang ini selalu terdengar akrab, semua orang mesti tahu mengenai ikan pack. Tetapi makanan dari Papua sangat berbeza dari ikan pack lain, perbezaannya adalah pek dari daun, sedangkan daun pisang lainnya digunakan, dan ikan yang digunakan haruslah ikan laut bukannya air tawar.

5. Papeda

Makanan khas Papua ini terbuat dari sagu yang kemudian dibuat menjadi bubur, memiliki tekstur lengket dan rasa putihnya hambar, sehingga orang Papua biasanya menambahkan tuna berbumbu untuk membuatnya lebih lezat.

6. Martabak Sagu

Makanan Papua lainnya yang terbuat dari sagu adalah Martabak Sago. Martabak ini berbeda dari martabak lain yang telah kita ketahui sejauh ini. Bahan utama untuk membuat martabak khas Papua adalah sagu dan gula merah. Caranya tidak sulit, sagu pertama dihaluskan lalu digoreng beberapa menit, lalu diberi gula merah.

7. Udang Selingkuh

Makanan khas Papua Timur ini, orang yang baru tahu ternyata penasaran. Tidak hanya ingin tahu tentang makanan seperti, tetapi juga dari namanya terdengar aneh. Makanan khas Papua yang disebut Selingkuh Shrimp ini sebenarnya tidak memiliki resep khusus, hanya saja berbentuk udang tetapi ada cakar seperti kepiting, sehingga disebut Selingkuh Shrimp. Presentasinya cukup sederhana, hanya digoreng atau direbus.

8. Sagu Lempeng

Sagu adalah makanan tradisional Papua, salah satunya adalah Piring Sagu olahan yang terkenal. Tidak hanya makanan Papua, tetapi juga makanan Maluku, Riau dan Kalimantan. Cara membuat Sagu Plate juga tidak jauh berbeda dengan membuat roti basah lainnya, hanya saja bahan utamanya menggunakan sagu. Kue ini jarang ditemukan di warung atau toko roti. Itu karena orang Papua membuat Sagu Lempeng hanya untuk konsumsi mereka sendiri, dan juga makanan ini paling enak untuk dimakan ketika masih panas.

9. Kue Bagea

Kue Bagea adalah kue yang berasal dari Ternate, Papua. Rasa lezat Bagea Cake dihasilkan dari campuran tepung sagu dan kacang walnut. Ketika orang mencicipi Bagea Cake, dijamin akan membuat ketagihan, karena Bagea Cake memiliki bentuk seperti batang pohon yang dipotong-potong.

10. Aunu Senebre

Aunu Senebre sebenarnya termasuk dalam daftar makanan dan minuman khas Papua yang wajib Anda coba. Aunu Senebre terbuat dari bahan dasar beras dan ikan teri. Bumbu yang digunakan juga kecil. Biasanya uang tunai Papua yang satu ini, dijual di warung-warung dekat pantai.

11. Colo-Colo

Selain makanan olahan sagu yang merupakan makanan khas Papua, terdapat juga makanan sambal Colo-Colo yang merupakan makanan khas Papua. Jadi Colo-Colo adalah sambal khas Papua, bahan sambal ini sangat sederhana yaitu cabai rawit dan bawang merah yang diiris kasar tomat hijau jeruk nipis gula pasir dan air secukupnya. Sambal ini paling lezat bila disajikan dengan ikan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *