Makanan Khas Surabaya – Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia serta pusat industri, di Surabaya menjadi tujuan bagi orang-orang yang akan melakukan bisnis dan wisatawan. Tentu tidak hanya bisnis lokal dan turis, tetapi banyak juga yang datang dari luar negeri.

Karena faktor-faktor ini, bisnis di daerah Surabaya telah menjadi sangat berkembang, tidak ketinggalan di bidang kuliner. Karena di Surabaya banyak pengunjung dari luar Surabaya membuat kuliner di Surabaya menjadi semakin beragam, dari kering hingga basah semuanya di Surabaya. Nah di sini saya akan menyajikan 28 daftar teratas makanan khas Surabaya yang siap dicoba dan dinikmati enak.

Makanan Khas Surabaya Saat Ini
Makanan Khas Surabaya Saat Ini

Makanan Khas Surabaya Saat Ini

1. Sate Klopo Khas Surabaya

Sate Klopo seperti yang kita lihat dalam gambar bukan sate yang terbuat dari kelapa. Sate Klopo adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau ayam sedangkan campurannya seperti jeroan dan lemak sapi menambah rasa gurih. Proses pembuatan sate sebelum dibakar harus ditutup dengan kelapa parut, sekarang inilah yang membuat sebagian orang tahu bahwa sate ini terbuat dari kelapa. Sate ini ditaburi kelapa parut untuk membuatnya terasa unik. Anda dapat menemukan sate klopo ini di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36. Surabaya barat Balai Kota Surabaya.

2. Sate Lisidu

Surabaya memiliki sate yang sama lezatnya dengan sate klopo, yaitu satis lisidu. Sate lisidu terletak di Jalan Kutai Nomor 53, Wonokromo, Surabaya. Makanan khas kota Surabaya menampilkan sesuatu yang unik dalam hal penampilan karena bentuknya yang rata dan ketika dibakar, isapannya dari atas ke bawah yang membuat dagingnya bersih tanpa ada arang yang lengket.

3. Sate Karak

Surabaya adalah sate karak. Sate karate ini bisa dibilang merupakan kuliner khas di Surabaya, yang keberadaannya sudah sangat langka. Salah satu tempat yang masih menjual kerak sate karaka tau sate adalah di wilayah Sunan Ampel Agama Surabaya (Kampung Arab) tepatnya Jalan Ampel Lonceng, Nomor 60, Ampel, Semampir, Surabaya. Sate karate ini berbeda dari sate yang kita temui di kota-kota lain yang berbasis daging.

Sate karate ini terbuat dari usus yang disajikan dengan karaka atau nasi hitam dan kelapa parut agar gurih. Nah bagi Anda yang penasaran dengan rasa dan keunikan sate karate, sebaiknya segera mengunjungi alamat yang telah kami sebutkan.

4. Sego Sambel

Bagi Anda yang menyukai kuliner di malam hari atau bepergian di malam hari, lebih tepatnya jika Anda gemuruh atau kelaparan, Anda bisa mencicipi makanan khas Surabaya yang satu ini. Di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 12, ada warung yang menjual sego sambel, nah tentu saja itu tidak asing di telinga Anda. Sambal sego ini buka pada pukul 22:00. Seperti namanya, kuliner ini menyajikan nasi putih plus sambal dan lauk yang menggiurkan. Dengan memakannya, rasa lapar Anda di malam hari akan segera hilang dan menjadi kenyang.

5. Lontong Kupang

Jika Anda pergi ke Surabaya, jangan tinggalkan kota Surabaya jika Anda belum mencoba kue beras. Namanya unik kan? Selain namanya yang unik, kue beras ini juga terbuat dari kerang putih yang mirip dengan kerang yang kemudian dimasak dan direbus dengan tambahan kue beras dan jus jeruk nipis.

Kue beras kupang yang unik ini biasanya disertai dengan es kelapa muda dan sate kerang. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas Surabaya, Anda bisa datang ke Jalan Darmo Indah No. 7 Surabaya di toko kue beras Sontang Kupang.

6. Lontong Balap

Tidak hanya makanan unik dan langka ditemukan di Surabaya, ada juga hits yang sekarang diminati. Kue beras ini sudah ada sejak tahun 1956, itu adalah paket kue beras, Fat Pak. Jika Anda berada di Surabaya, jangan biarkan Anda mampir ke tempat ini karena Anda dijamin tidak akan menyesal jika Anda sudah merasakan kelezatan rasa kue beras balap legendaris.

7. Rujak Cingur

Murah enak dan tidak mengantuk, jadi Anda harus mencoba makanan khusus ini dari Surabaya, yang merupakan salad cingur terkenal Ahmad Jaiz. Meski harganya murah, tapi itu jangan dianggap remeh. Cingur salad adalah kuliner di Surabaya dalam bentuk salad yang dicampur dengan cingur atau hidung sapi sehingga memiliki rasa yang khas dan lezat untuk penyuka rujak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *