Makanan Khas Kota Semarang – Kota Semarang adalah kota dengan banyak kuliner seperti bandeng presto, nasi ayam Semarang, garam asam, garam gulung. Kota Semarang adalah kota terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Sebagai salah satu kota paling maju di Jawa. Kota Semarang juga memiliki beberapa nama panggilan, termasuk: Venetie van Java, The Port of Java dan Semarang Pesona Asia.

Kota Semarang juga disebut Kota Lumpia karena makanan lumpia Semarang, yang terbuat dari budaya Alkuturation 2 yaitu budaya Jawa dan Cina, Kota Atlas juga merupakan julukan Kota Semarang karena Kota Semarang memiliki moto Kota ATLAS (Aman, Lancar) , Indah dan Sehat), sebagai semboyan menjaga keindahan Kota.

Makanan Khas Yang Akan Membuat Anda Ketagih
Makanan Khas Yang Akan Membuat Anda Ketagih

Makanan Khas Yang Akan Membuat Anda Ketagih

Bagi mereka yang bepergian ke Semarang, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Semarang. Rasanya dijamin dan enak. Harganya juga sangat murah sehingga semua orang bisa mencicipi makanan khas Semarang. Berikut adalah makanan khas dari kota Semarang.

1. Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah makanan khas dari kota terbesar kelima, yaitu Semarang, Jawa Tengah. Makanan bandeng presto terbuat dari bandeng segar dan dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Selidiki memiliki bandeng presto yang ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di Pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar di kota Semarang.

Ikan bandeng ini dimasak di atas pangkal daun pisang dengan dipresto. Apa arti presto? Presto adalah cara memasak dengan uap tekanan tinggi. Uap air di wajan akan memasak makanan di wajan. Karena bandeng populer memiliki banyak duri, bandeng presto juga makanan populer dengan memasak presto, duri ikan menjadi lunak dan dapat dimakan.

2. Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam adalah makanan khas Semarang yang mirip dengan nasi liwet khas Kota Solo. Nasi ayam berupa nasi putih yang rasanya gurih dan renyah karena dimasak dengan santan, yang dimakan bersama daging ayam suwir yang dimasak, labu goreng cabai dan cabai goreng krecek, tahu putih, dan telur pindang dengan cinta dan kelapa saus susu.

Harga satu porsi dihargai Rp10.000. hingga Rp.15.000. cukup murah bukan? ayo cepat dan cicipi makanan khas Semarang.

3. Garang Asem

Garang Asem adalah olahan tradisional dari Kota Semarang yang berisi ayam lezat dengan saus sntan belimbing dan cabai. Ayam dan saus santan dimasak dengan menaruhnya di daun pisang dan ditutup dengan tongkat dengan bagian atas. Asam Garang diberikan nasi hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate. Makanan ini ada di restoran dengan alamat di Jalan Gajah Mada. Ayam yang digunakan adalah ayam asli.

4. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah makanan kuliner khas Semarang yang memiliki tahu goreng, tempe, gimbal, irisan kol dan dibasahi dengan saus kacang. Gimbal adalah ikan udang yang digoreng tepung. Rasanya manis, pedas dan juga gurih. Yummy yummy yang pasti rasanya, kuliner ini ada di Simpang Lima. Harganya pun cukup murah yaitu satu porsi sekitar Rp.10.000, – Perutnya terasa kenyang.

5. Soto Bangkong

Soto Bangkok adalah soto olahan yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Semarang Restaurant. Soto Bangkong sudah ada sejak 1950, yaitu Bangkok Crossroad. Perbedaan antara makanan asli Semarang ini adalah sausnya bening meskipun warnanya agak cokelat. Sup ini disajikan dengan isian ayam suwir, irisan tomat, tauge, bihun, dan taburan bawang merah merah dan bawang putih.

6. Mie Kopyok

Mie Kopyok adalah makanan khas yang berasal dari kota Semarang yang bahan dasarnya adalah mie ditambah daging daging dengan lauk tambahan dalam bentuk tahu dan kerupuk gendar di atasnya. Mie Kopopyok sangat khas dari Kota Semarang yang sulit ditemukan di tempat lain. Mie Kopyok sebagian besar dijual dengan kereta dari desa ke desa. Ayo cepat coba makanannya pasti murah dan rasanya enak sekali. Perut pasti terasa penuh dan memuaskan lidah.

7. Babat Gongso

Nasi Babat Gongso adalah makanan khas Semarang yang harus kita coba bagi pecinta makanan. Anda bisa menemukannya Nasi Goreng Pak Karmin, di Jln Pemuda (Di Samping Jembatan Mberok), Semarang. Babat gongso di sini terkenal dengan rasanya yang lezat dan istimewa.

Babat Gongso adalah irisan babat dan jeroan, seperti limpa, hati, paru-paru, dimasak dengan saus kedelai kental, manis, dan pedas. Babat juga lembut. Harga satu porsi adalah Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000. Rasanya dijamin memuaskan dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *